Peluang Bisnis Online yang Menjanjikan Dengan Modal Kecil

Gambar: fitsmallbusiness
Kali ini kita akan membahas tentang apa saja yang bisa dilakukan dengan gadget atau PC untuk menghasilkan uang dengan cara online. Prospek bisnis jenis ini pun tidak tanggung-tanggung. Bisa dibilang bisnis online adalah jenis bisnis paling mudah dengan prospek keuntungan sangat besar. Bayangkan saja, untuk sebagian bisnis online hanya membutuhkan gadget atau PC serta koneksi internet sudah bisa mendapatkan pundi-pundi uang. 

Menyimak kembali wawancara pada salah satu acara TV swasta, sosok youtuber kondang Indonesia Reza Arap Oktovian, menuturkan bahwa penghasilannya dari youtube setiap bulannya bisa mencapai ratusan juta. Dari manakah dia mendapatkan uang tersebut ? Dari kejeliannya membuat video menarik dengan segmen pasarnya adalah anak-anak muda. Yang membedakan bisnis online dengan bisnis umumnya yakni kalau biasanya kita bertemu dengan calon kostumer atau mitra bisnis kita secara langsung, di sini kita tidak harus melakukan hal itu. Kita bisa melakukan itu dengan aplikasi chat karena prinsipnya ini adalah bisnis Online.

Bisnis online bisa dikerjakan oleh siapa saja dan dimana saja, mulai dari ibu rumah tangga, mahasiswa, ataupun pekerja full time yang mempunyai kesibukan setiap harinya. Selain metode bisnis ini terbilang mudah, kebanyakan bisnis online tidak terbatas tempat maupun waktu dalam pengerjaannya. Tidak harus setiap waktu mengecek gadget untuk memanajemen bisnis kita, karena biasanya ada Web - web khusus yang memudahkan member-nya untuk memanajemen bisnis mereka secara otomatis. Bisnis online bisa dibilang sebagai bisnis yang paling fleksibel mengenai ongkos dalam pengerjaannya. Banyak dari bisnis online dapat dikerjakan dengan modal kecil, bahkan tanpa modal sama sekali. 

Lalu bisnis online apa sajakah yang bisa dikerjakan dengan modal kecil tersebut ?

1. Menjadi Dropshipper / Reseller
Pada prinsipnya menjadi dropshipper atau reseller online masih tetap menjual produk kepada konsumen. Bedanya ,  seorang reseller online tidak perlu untuk mempunyai produk sendiri, kita hanya memesan produk dari supplier apabila ada konsumen yang memesan. Sehingga bisnis jenis ini bisa dibilang tidak membutuhkan modal.  Kalau Kita memesan barang dari supplier pun tidak dengan modal sendiri, melainkan dari calon konsumen. Tugas dari supplier adalah menyediakan persediaan barang dan mengirimkannya kepada konsumen, sementara dropshipper tidak perlu repot memikirkan soal itu.  

Peluang bisnis online ini telah banyak sekali ditawarkan oleh situs - situs kepada kita supaya mau menjadi dropshipper dengan berbagai macam pilihan produk. Yang perlu digarisbawahi yaitu, pilihlah produk yang benar-benar Anda kuasai dan ketahui secara detail. Karena pada waktu tertentu akan tiba saatnya berkomunikasi dengan calon konsumen, guna menjelaskan tentang detailnya produk tersebut.

2. Youtuber 
Mungkin dari peluang bisnis online lainnya, menjadi youtuber bisa dibilang paling membutuhkan skill dan keterampilan. Bagaimana tidak, persaingan antar youtuber dengan berbagai konten di dalamnya bisa dibilang sangat ketat. Apabila ingin menjadi youtuber yang sukses, haruslah berani untuk mengeluarkan modal seperti membeli kamera dan berbagai perlengkapannya, berkolaborasi dengan Youtuber lain, atau membayar untuk mengiklankan video di berbagai media. Anda harus membuat konten video yang menarik agar orang mau melihat video Anda, syukur-syukur kalau menjadi subscriber. Peran subscriber di sini sangatlah penting, karena peluang mereka untuk menjadi viewer video lebih besar dari netter lain.

Penghasilan dari Youtube bisa dari Google Adsense, CPM ( Cost Per Mille ), atau bisa dari hasil jualan merchandise dengan menyisipkan video yang diupload. Google Adsense membayar apabila iklan yang tampil pada video ada yang membuka / melihat. Namun penghasilan dari Youtube tidak dari itu saja, youtube bersedia membayar kita perseribu tayangan, demikian biasa disebut dengan CPM ( Cost Per Mille ). Untuk CPM sendiri ukurannya berbeda - beda tergantung negara uploader videonya.

Bagi youtuber yang telah mempunyai viewer loyal, biasanya menyisipkan barang jualan mereka ke dalam video. Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, selain mendapatkan uang dari hasil unggahan video, mereka juga bisa mendapatkan uang dari hasil jualan. 

3. Penerjemah Online
Gambar: marstranslation
Banyaknya kebutuhan terhadap penerjemah menjadi peluang bisnis bagi orang-orang yang mempunyai keterampilan bahasa. Kebanyakan translator yang dibutuhkan adalah translator bahasa Inggris. Sekarang  telah banyak dokumen-dokumen diterbitkan dalam bahasa Inggris, oleh sebab itu banyak permintaan untuk mentranslate dokumen atau artikel ke dalam bahasa Inggris melalui penerjemah. Namun untuk pekerjaan satu ini, skill bahasa harus benar-benar mumpuni karena akan membantu reputasi di mata klien. 

Salah satu cara untuk menjadi penerjemah online adalah bergabung dengan situs khusus yang mewadai bidang tersebut. Biasanya apabila ingin bergabung menjadi member aktifnya, kita harus melakukan pendaftaran kemudian menyertakan bukti keahlian kita dalam berbahasa. Apabila telah menjadi member, akan ada promosi otomatis dari situs itu sehingga nama kita bisa terlihat oleh calon klien yang ingin memakai jasa traslate. Biasanya akan ada tenggang waktu tertentu dalam mengerjakan penerjemahan apabila kita mengambil Job dari klien.

4. Freelance Writer ( Penulis Lepas )
Menjadi penulis lepas juga terbilang sebagai peluang bisnis cukup menjanjikan. Bagi orang yang hobi menulis, pekerjaan ini bisa juga dicoba. Menjadi penulis lepas untuk web, blog, majalah Online atau koran telah menjadi peluang bisnis tersendiri. Yang dibutuhkan hanyalah kemampuan dalam menulis semenarik mungkin, sehingga sanggup membuat pembaca tertarik dengan artikel kita. 

5. Blogger Profesional
Sudah menjadi rahasia umum kalau menjadi blogger profesional cukup menjanjikan. Bahkan penghasilan blogger profesional bisa melebihi gaji pekerja-pekerja seperti PNS, manajer perusahaan, atau bahkan seorang direktur sekalipun. Menjadi seorang blogger tidak membutuhkan skill khusus, namun hanya perlu belajar dan bekerja keras untuk membuat konten artikel yang menarik, serta mempelajari script-scrip HTML untuk membuat tampilan blog lebih menarik. 

Sumber penghasilan blog bisa berupa PPC ( Point Per Click ) dari google adsense, review produk, iklan berbayar, dan sebagainya. Jadilah seorang blogger profesional yang baik dengan cara membuat artikel original serta memakai topik menarik. Karena dengan cara demikian, pembaca dan blogger lain akan lebih menghargai Anda dari pada sekadar mencomot hasil karya orang lain lalu mem-post di blog Anda.
Ditulis Oleh : Arbamedia  /  M. Fais
Artikel Terkait