Kisah Sukses Miliarder Muda di Dunia “ Mark Zuckerberg ”

Gambar: taxjusticeblog
Siapa yang tak mengenal Mark Zuckerberg, salah satu orang yang sangat berpengaruh di dunia lewat produk ciptaannya “ Facebook ”. Mark telah berhasil membuat 1,9 miliar umat manusia di muka bumi sebagai pengguna aktif Facebook. Maka dari itu, banyak orang yang ingin mengetahui profil dan cerita suksesnya –bagaimana dia bisa mencapai titik kesuksesan seperti sekarang ini. Terlahir dengan nama Mark Elliot Zuckerberg di kawasan Dobbs Ferry, Whestchester Country, Amerika Serikat pada 14 Mei 1984. Ia merupakan anak dari pasangan Edward Zuckerberg (ayah) dan Karen Kempner (Ibunya). 

Dari kecil Mark memang menyukai hal-hal berbau komputer. Bahkan ayahnya telah membelikan komputer pada waktu Mark berusia 8 tahun. Saat usinya menginjak 12 tahun, dia telah menciptakan program perpesanan sederhana digunakan di kantor ayahnya, yang merupakan seorang dokter gigi. Program ini mempunyai fungsi sebagai media penghubung antara resepsionis dan pasien. Tak Cuma itu, Mark kecil juga sering membuat game sederhana bersama teman-temannya waktu itu.

- Antara Bakat dan Kerja Keras
Cerita itu pun berlanjut, Sewaktu Mark SMP, dia telah membuat Plug-in untuk aplikasi musik Winamp bersama temannya bernama D’Angelo. Bahkan Plug-in buatan mereka mampu menghimpun aneka lagu yang disukai orang, serta dapat dibuat Playlist berdasarkan jenis lagu kesukaannya. Mark pernah bersekolah di Ardsley High School sebelum pindah di Phillips Exeter Academy. Hingga pada akhir masa sekolah tingginya di Phillips Exeter Academy, Mark sempat direkrut oleh Microsoft dan AOL (American Online) untuk menangani sebuah proyek.

- Bagaimana Facebook Bisa Terbentuk ?
Pada mulanya Mark hanyalah mahasiswa biasa di Harvard University jurusan Computer Science. Dia adalah anggota dari Alpha Epsilon Phi, yaitu satu-satunya perkumpulan perguruan tinggi Yahudi Internasional di Amerika Utara. Awalnya Mark berpikiran untuk membuat sistem direktori online yang bisa memuat foto dan data mahasiswa. Dan berkali-kali Mark mencoba mengajukan sistem ini, namun berkali-kali pula dia menerima penolakan –karena pihak Harvard mempunyai alasan tertentu untuk menyimpan data mahasiswanya. 

- Maka, Inilah Hal yang Perlu Dipelajari dari Mark Zuckerberg
Gambar: wbur
Meski  berbagai penolakan sering ia dapatkan karena kengototannya untuk membuat sistem ini berjalan, Mark sempat menyabotase data-data mahasiswa Harvard dan memasukkannya ke dalam situs yang dibuatnya, yaitu Facemash. Facemash merupakan situs kontak jodoh, di dalamnya menampilkan foto-foto dari para mahasiswa Harvard. Celakanya, karena inilah Mark Zuckerberg mendapatkan ancaman di Drop Out dari universitas. Namun karena suatu kebijakan kampus, akhirnya Mark dimaafkan –namun situs Facemash harus ditutup untuk selamanya.

Tidak menyerah sampai di situ saja, Mark meluncurkan situs baru yang diberi nama The Facebook (www.thefacebook.com), yang akhirnya menjadi cikal bakal dari Facebook sekarang ini. Pada waktu itu The Facebook difungsikan sebagai media komunikasi antar mahasiswa yang bisa memajang foto serta data diri mahasiswa. The Facebook mengalami kemajuan yang pesat, karena hanya dalam 2 Minggu saja sudah digunakan hampir setengah jumlah mahasiswa Harvard secara keseluruhan. 

Tak berhenti di situ, dalam waktu singkat The Facebook telah mampu menjaring hampir keseluruhan mahasiswa Harvard. Bahkan banyak dari kampus-kampus sekitar juga ingin mempunyai akun pada web tersebut. Pada akhir tahun 2004, jumlah pemilik akun The Facebook mencapai kurang lebih 1 juta orang. Sungguh di luar dugaan Mark sendiri. Malahan, karena desakan dari berbagai pihak, pada akhir 2005 bersama teman-temannya, Mark memutuskan untuk membuka jaringan Facebook kepada pelajar sekolah dan pekerja kantoran. Pada September 2006, Mark Zuckerberg membuka jejaring Facebook untuk umum, dengan syarat harus memiliki email. Akhirnya  pengguna Facebook pun bertambah melesat.

- Kisah Awal Sukses Mark Zuckerberg Hingga Menjadi Miliarder Muda di Planet Bumi
Pada bulan Juni 2004 The Facebook telah mendapatkan suntikan dana segar sejumlah US $ 500.000 dari pendiri Paypal. Berbarengan dengan semakin meningkatnya jumlah pengguna Facebook di seluruh dunia, Mark memutuskan untuk menjalin kerja sama dengan salah satu perusahaan modal ventura, yaitu Accel Partners untuk menambah modal pengembangannya sejumlah US$ 12,7 juta. 

Dari keseluruhan modal tersebut, pada tahun 2005 Mark memutuskan untuk mengganti domain lama The Facebook (www.thefacebook.com) menjadi Facebook (www.facebook.com) kemudian memperluas jaringannya menjadi internasional.

Facebook sempat menderita kerugian pada tahun 2005 sejumlah US $3,63 juta, namun karena jumlah user yang masuk terus-menerus meningkat, maka banyak dari pemilik perusahaan ingin menanamkan modalnya untuk Facebook, seperti Greylock Partner dan Meritech Capital Partner yang menyumbangkan US$ 25 juta guna pengembangan Facebook versi Mobile.

Singkat cerita, Facebook mendapatkan tambahan dana dari berbagai sumber seperti Li Ka Shing sebagai Chairman dari Cheung Kong Holdings. Dana yang diinvestasikan diperkirakan mencapai US$ 60 juta. Namun kesuksesan facebook tidak bisa dibilang mulus, karena ada masalah-masalah tertentu yang membuat terganjalnya perkembangan facebook. Seperti ketika ConnectU yang meluncurkan gugatan kepada facebook, karena laporan teman kuliah Mark di Harvard yang mengatakan bahwa Facebook adalah tiruan dari ConnectU. Tapi demikian itu tak mematahkan semangat Mark Zuckerberg dalam mencapai puncak kesuksesannya. 

- Kekayaan Mark Zuckerberg
Saat ini diperkirakan kekayaan Mark Zuckerberg mencapai US$ 71,5 Miliar menurut Forbes, termasuk salah satu orang terkaya di dunia. Dia dinobatkan sebagai miliarder muda atas usaha sendiri. Pada tahun 2009 Mark menerima penghargaan sebagai Young Global Leader, dan pada tahun 2010 Mark mendapatkan penghargaan sebagai Person of The Year versi Majalah Time. 

Sebelumnya pada tahun 2015, kekayaannya tercatat US$ 35,7 juta atau apabila dirupiahkan sekitar 496 Triliun. Dan karena kekayaannya itu, bos Facebook ini berada di posisi 10 besar sebagai orang terkaya di dunia diusianya yang masih sangat muda. Bahkan kekayaannya melesat pada tahun 2016, hingga Mark dinobatkan menjadi orang terkaya ke-6 di dunia dengan total kekayaan US$ 44,6 juta.
Ditulis Oleh : Arbamedia  /  M. Fais
Artikel Terkait