3 Strategi Efektif Memulai Bisnis Tour dan Travel

Gambar: linkedian / Anit Mittal
Bisnis tour dan travel sekarang ini telah menjamur di berbagai daerah Nusantara. Mulai dari yang terkecil, berdiri tanpa memiliki kantor tetap, hingga bisnis tour dan travel besar yang mempunyai cabang di berbagai tempat. Konsep dari bisnis ini bertujuan memberikan jasa berupa pelayanan keberangkatan atau penjemputan konsumen ke berbagai daerah. Yang membedakan antara bisnis travel / tour dengan angkutan umum -yaitu tidak menerimanya pelanggan lain selain dari pelanggan yang telah memesan paket tersebut. 

Keberadaannya pun memiliki prospek tersendiri kalau dilihat dari berbagai faktor. Biasanya para pemuda / pemudi yang doyan traveling -seringkali menyewa paket wisata yang ditawarkan oleh penyedia layanan travel. Banyak juga kasus dimana masyarakat tidak mau repot untuk berpindah dari satu angkutan umum ke angkutan umum lain ketika bepergian. Berdasar pada permasalahan tersebut, para pembisnis yang jeli cukup berantusias sekali dalam mengambil kesempatan itu, sehingga berinisiatif membuka sebuah usaha tour dan travel. Dan banyak juga dari mereka mencoba menjalin kerja sama dengan maskapai penerbangan. Karena selain dapat mengantarkan serta menjemput pelanggan tour dan travel, mereka juga memiliki peranan efisien sebagai jasa pengangkutan barang bawaan.

Sebenarnya bisnis tour dan travel bisa dilakukan dengan modal kecil. Bagi Anda yang mempunyai kendala permodalan tapi mempunyai keinginan membuka bisnis tersebut, dapat memulainya dengan menjual tiket pesawat terlebih dahulu. Caranya adalah bisa dengan bergabung ke dalam agen tour dan travel yang melayani pendaftaran sub-agen. Namun apabila modal bukan menjadi kendala utama, langsung saja bangunlah kantor sendiri dan mulai memikirkan strategi pemasarannya. Sebagai pertimbangan lokasi, mendirikan lokasi untuk pemasaran paket travel maupun tour, maka pendirian kantor di dekat konsumen lebih baik dari pada memilih lokasi lainnya. Dengan alasan, konsumen akan lebih mudah mencari kantor pemasaran sehingga dapat segera melakukan transaksi.

Apabila modalnya cukup besar, mencoba membuat badan usaha sendiri dan mulai menjalin kerja sama dengan maskapai penerbangan bisa menjadi pilihan. Apabila hal ini dilakukan, maka Anda diwajibkan menyetor dana dalam jumlah tertentu kepada pihak maskapai penerbangan tersebut. Anda juga bisa mendapatkan tour dan travel dengan strategi bisnis yang sudah tertata, juga kebutuhan operasional yang telah tersedia secara instan. Yaitu dengan membeli franchise dari beberapa vendor yang bergerak di bisnis ini. Agar bisa sukses dalam memulai bisnis tour dan travel, terdapat cara – cara terbaik untuk dilakukan.

Berikut 3 strategi yang efektif jika ingin memulai bisnis Tour dan Travel :

1. Tentukan Target Market dan Customer
Setiap usaha dengan sasaran pelanggan sebagai sumber pendapatan, pastinya akan ada namanya target market. Target market merupakan cakupan pemasaran yang dituju berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Seperti usia, gaya hidup, hobi, atau komunitas. Sementara customer menjadi beberapa dari target market -yang sudah menjadi pelanggan berpotensi dalam melakukan Repeat Order, dan menjadi pelanggan tetap. 

Sebagai seorang travel agen, ada tuntutan untuk mengerti beberapa kebiasaan dari sebagian konsumen, seperti hobi mereka, dan dari komunitas apa pelanggan berasal. Biasanya dalam satu komunitas, banyak dari mereka mempunyai hobi sama. Sehingga dari sini bagi travel agent sebaiknya menyiapkan atau memberikan pelayanan-pelayanan khusus, dengan tujuan mampu mewadahi keinginan mereka semua. 

Gaya hidup pelanggan juga harus diperhitungkan dalam menentukan fasilitas apa yang disediakan. Misalnya, Para pelanggan dengan gaya hidup terbilang mewah akan cenderung menginginkan fasilitas terbaik. Maka dari itu, bersiaplah menyediakan apa saja keperluan yang sekiranya bisa dipenuhi, dengan tidak mengesampingkan biaya pengadaan travel / tour. 

2. Pastikan Target Produk
Setelah mengetahui target market, selanjutnya kita mengerti target produk. Kesampingkan dulu membuat paket tour yang umum dengan peserta tour bermacam – macam, sebab mereka memiliki hobi dan kesenangan berbeda – beda. Maka cobalah untuk membuat paket tour yang lebih mengkhususkan terhadap hobi dan kesenangan mereka. Seperti paket tour fotografi, sehingga peserta tour yang ada di situ adalah para pecinta fotografi -yang rela berjam-jam mengambil gambar dan menentukan sudut pengambilan gambar sesuai kesukaan mereka. Atau bisa juga mencoba membuat paket tour keagamaan, di sini tentu harus dilengkapi dengan beberapa orang pemuka agama agar para peserta tertarik. Selain itu tambahkan juga agenda mengunjungi tempat-tempat yang menjadi pusat peribadatan populer misalnya.

3. Marketing Produk
Perihal marketing sangatlah berperan dalam jenis bisnis apapun. Demikian berlaku juga untuk bisnis tour dan travel. Sebagaimana seorang owner bisnis bisa dengan jeli melihat target pasarnya, dengan kejelian yang sama pula dibutuhkan dalam marketing produk. Dengan adanya berbagai media -mulai dari media cetak, elektronik, sampai dengan media online harus mulai dijajaki. Tentunya dengan tujuan agar calon pelanggan dan kostumer lebih dekat lagi dengan bisnis kita. 

Di era digital seperti sekarang ini, informasi dari media sosial atau sebuah website mampu membuat cara pandang seseorang berubah. Dari yang sebelumnya malas untuk bepergian dengan jasa travel agent, menjadi suka dan menjadi prioritas. Dari yang sebelumnya menganggap bepergian ‘’sendiri’’ lebih simpel, menjadi bepergian dengan travel agent lebih simpel lagi. Maka dari itu bangunlah sistem informasi online sebagus dan selayak mungkin. Dengan adanya media sosial seperti facebook, twitter, whatsapp, atau instragram juga sangat membantu memperkenalkan produk kepada calon pelanggan.

Itulah tadi sedikit informasi yang bisa kami kumpulkan tentang bagaimana caranya sebelum memulai bisnis tour dan travel. Semoga dengan adanya materi di atas, bisa menjadi sedikit gambaran bagi Anda untuk melaju lebih cepat ke dalam bisnis yang sedang populer ini.
Ditulis Oleh: Arbamedia  /  M. Fais
Artikel Terkait